Upaya DFSK Menghapus Stigma Negatif Mobil China

Belajar dari pendahulu-pendahulunya, DFSK Indonesia ingin menghapus stigma negatif pada mobil-mobil China tersebut. Tidak cukup strategi yang dilakukan mobil China terdahulu untuk sukses di pasar otomotif, harus ada terobosan. Sejak memperkenalkan diri ke konsumen di tahun 2017, DFSK membawa strategi baru untuk melakukan penetrasi mereka. Nah, berikut ini beberapa strategi DFSK yang jadi andalan untuk mencapai target:

Garansi Super Panjang
Membuktikan kualitas bahwa mobil China DFSK patut diacungi jempol bukan masalah enteng. Butuh keseriusan dan pembuktian jangka panjang. Oleh sebab itu, DFSK yang yakin akan kualitas produknya, memberikan garansi super panjang hingga 7 tahun. Garansi dari DFSK adalah garansi terpanjang jika dibandingkan dengan pabrikan lain yang rata-rata hanya memberikan garansi 3 hingga 5 tahun saja. Garansi tersebut bisa berlanjut di tangan pemilik baru jika mobil dijual.

Garansi yang diberikan DFSK juga meliputi bagian-bagian mobil. Hampir seluruh bagian mobil dijamin oleh DFSK seperti komponen utama bodi mobil, transmisi, serta mesinnya. Bahkan panel interior, sunvisor, logo, handle pintu, dashboard, grill, aksesoris, hingga tempat duduk juga masuk dalam garansi!

Fitur Modern dan Canggih
Selain berupaya menepis kekhawatiran konsumen tentang kualitas, DFSK juga tidak mau main-main dalam menyematkan fitur pada mobil produksinya. Coba saja lihat DFSK Glory 580. Pada tipe Comfort dan Luxury yang sudah dirilis di IIMS 2018 lalu, fitur kenyamanan dan keamanan berkendara sudah lengkap layaknya mobil-mobil kelas menengah ke atas.

Fitur kenyamanan berkendara yang disematkan seperti Remote Window Lifting yang bahkan bisa berfungsi meski mesin sudah mati. Lalu sunroof yang sudah ada di setiap varian Glory 580. Serta ada pula Super Smart Technology yang dikontrol dari layar LCD di dashboard dan bisa untuk memantau keadaan mobil.

Fitur hiburan juga sudah tidak perlu ditanyakan. Lewat LCD panel yang ada di dashboard, Anda bisa memutar film, musik, bahkan mendapatkan sistem informasi navigasi untuk menemani perjalanan. Semua fitur hiburan dilayani oleh 4 speaker audio berkualitas yang dipasang di bagian depan dan belakang mobil. Fitur keamanan pun sudah dilengkapi dengan dual airbags, ABS, EBD, BA, hingga sensor parkir. Bahkan untuk varian tertingginya, tersedia pengukur tekanan ban. Selain fitur keamanan canggih, ada pula Vehicle Running Recorder (VRR) yang sudah jadi fitur standar DFSK Glory 580.

Tidak kalah menarik adalah kehadiran eksterior dan interior berkelas di Glory 580. Mulai dari adjustable headlights, electric mirror, hingga defogger kaca belakang pun tersedia. Asyiknya lagi, untuk 2 varian teratas Glory 580, tersedia pemanas di kaca spion agar Anda tetap bisa melihat jelas saat hujan. Tidak perlu lagi khawatir tertutup embun.

Sediakan Jaringan dan Pabrik di Indonesia
Memahami kelemahan sistem knock down untuk produksi mobil-mobil China yang terbukti jadi strategi gagal di Indonesia, DFSK beranggapan bahwa mereka harus memiliki peran lebih besar. Mereka tidak mau lagi menyerahkan brand, perakitan, dan distribusi ke pihak ketiga sebagaimana dilakukan produsen-produsen mobil China sebelumnya, melainkan menanganinya sendiri. Hal ini dibuktikan dengan mendirikan pabrik dan diler-diler secara luas.

DFSK Motors Indonesia memiliki pabrik sendiri untuk merakit kendaraan mereka di Cikande. Bahkan, DFSK menargetkan untuk membuat pabrik mesin tahun ini, sehingga memudahkan mereka untuk memproduksi tipe mana pun yang potensial di pasar otomotif Indonesia.

Tidak hanya pabrik, diler-diler pun telah dibangun di kota-kota besar di Indonesia. Hingga saat ini, tercatat sudah ada 15 diler resmi DFSK yang melayani penjualan maupun layanan purna jual bagi konsumen. Pada akhir tahun 2018 nanti, ditargetkan ada 50 diler DFSK di seluruh Indonesia. Tidak hanya di kota besar, tapi hingga ke kota-kota kecil dan daerah.

Pihak DFSK berharap bahwa dengan adanya diler-diler di daerah, konsumen di seluruh Indonesia bakal lebih mudah mendapatkan layanan yang dibutuhkan kapan pun mereka membutuhkannya. Dengan layanan yang merata itu nantinya, pihak DFSK yakin bahwa mereka bakal mampu mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Mobil-mobil Jepang boleh punya sejarah panjang di negeri ini lengkap dengan layanan purna jual dan marketing masif, tapi DFSK juga punya hal tersebut sebagai modal bersaing.

Upaya DFSK sejauh ini mulai terlihat mampu menarik hati konsumen otomotif Indonesia untuk melirik produk-produk yang dibawanya. Salah satu buktinya, DFSK berhasil menyabet gelar mobil penumpang terbaik di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu. Meskipun harus lewat persaingan yang ketat dengan merek-merek mobil yang sudah lama malang-melintang di industri otomotif Indonesia, DFSK Glory 580 berhasil meraih predikat The Best SUV 2018.

Dengan semua kelebihan yang dihadirkan DFSK, bukan tidak mungkin mereka bakal memiliki mobil penumpang terbaik buatan China di Indonesia. Tinggal tunggu waktu saja agar masyarakat semakin mengenal dan percaya akan produk-produk berkualitas dari DFSK. Perlahan tapi pasti, DFSK bakal meruntuhkan citra negatif pada mobil China yang sudah terlanjur melekat belakangan ini.

Write a comment